Rabu, 18 September 2019

SEDEKAH DAN MANFAATNYA

Mungkin teman – teman sudah tidak asing lagi dengan kata ‘’sedekah’’. Apapun pengertiannya, bila kita mendengar kata sedekah berarti memberi sesuatu. Dan saya yakin teman – teman sering melihat orang bersedekah, ataupun melakukannya sendiri, dimanapun tempatnya.
Sedekah dapat diartikan sebagai pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah memiliki makna yang lebih luas dari zakat ataupun infak. Sebab sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah juga mencakup segala amal atau perbuatan baik.
MANFAAT SEDEKAH
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sedekah :
1. Sedekah dapat menghapus dosa.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار
“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)
Orang yang bersedekah akan diampuni dosanya oleh Allah, dengan tidak melupakan taubat atas dosa yang telah dilakukan.
2. Sedekah dapat memberi keberkahan pada harta.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا
“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588).
Orang yang bersedekah hartanya akan diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indra dan kebiasaan.
3. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah.
Allah Ta’ala berfirman:
إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ
“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)
4. Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
‏إن الصدقة لتطفىء عن أهلها حر القبور
“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)
5. Dada terasa lapang dan hati yang bahagia.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan permisalan yang bagus tentang orang yang dermawan dengan orang yang pelit:
مثل البخيل والمنفق ، كمثل رجلين ، عليهما جبتان من حديد ، من ثديهما إلى تراقيهما ، فأما المنفق: فلا ينفق إلا سبغت ، أو وفرت على جلده ، حتى تخفي بنانه ، وتعفو أثره . وأما البخيل: فلا يريد أن ينفق شيئا إلا لزقت كل حلقة مكانها ، فهو يوسعها ولا تتسع
“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443)
Pernahkah anda bersedekah? Apa yang anda rasakan? rasa senang, bahagia, dada yang lapang setelah memberikan sedekah kepada orang lain yang membutuhkan.
(baca juga : terbelahnya bulan)
6. Sedekah menjadi sebab Allah membuka pintu rezeki
Sedekah dapat mengundang rahmat Allah dan menjadi sebab bahwa Allah akan membuka pintu rezeki baginya.
Rasulullah s.a.w. bersabda kepada Zubair bin al-Awwam:
“Hai Zubair, ketahuilah bahawa kunci rezeki hamba itu ditentang Arasy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya. Maka siapa yang membanyakkan pemberian kepada orang lain, nescaya Allah membanyakkan baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, nescaya Allah menyedikitkan baginya.” (H.R. ad-Daruquthni dari Anas r.a.)
7. Sedekah dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit
Rasulullah s.a.w pernah bersabda tentang sedekah dan tentang obat, “Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR Al-Tabrani dan Al-Baihaqi).
Setelah kita mengetahui berbagai manfaat dari bersedekah, masihkah enggan untuk melakukannya? Allah dan Rasulnya telah menjamin bahwa sedekah itu tidak akan rugi. Dengan sedekah, kita bisa merasakan berbagi kebahagiaan dengan sesama. Manfaat sedekah untuk lingkungan dan kehidupan social adalah sedekah bisa meningkatkan ukhuwah persaudaraan kita, sedekah dapat meringankan beban saudara kita.
Allah menyuburkan sedekah dan memerangi riba. Sedekah dapat mendatangkan rahmat Allah. Sedangkan riba akan menimbulkan kesengsaraan bagi korbannya, dan ketamakan harta bagi penerimanya. Setan membenci orang yang gemar melakukan sedekah, dengan menakut – nakuti akan miskin bila bersedekah. Padahal, sedekah itu mengkayakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar