Senin, 10 Juni 2019

RELATIVITAS WAKTU

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan jenius yang namanya sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Dia adalah orang yang menemukan teori relativitas pada abad ke 20. Pada waktu itu manusia belum mengetahui bahwa waktu merupakan sesuatu yang relatif karena ukuran waktu dapat berubah – ubah menurut ruang, kecepatan orang bepergian, dan gaya.
Sebelum era Einstein, sebenarnya dasar – dasar teori relativitas telah dikemukakan oleh ilmuwan muslim bernama Yusuf Ibnu Ishaq Al-Kindi. Dalam bukunya yang berjudul Al-Falsafa Al-Ula memberitahukan bahwa fisik dari bumi dan alam semesta adalah relatif. Al-Kindi mengatakan bahwa waktu, ruang, gerakan, dan benda semuanyabersifat relatif dan tidak mutlak. Artinya,waktu bisa berubah – ubah menurut situasi dan kondisi yang mempengaruhinya tersebut.
Teori relativitas sudah tertulis di dalam alquran sebelum sains mengalami kemajuan di abad ke 20. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Hajj dan surat As-Sajdah yang berbunyi :
‘’Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali – kali tidak akan menyalahi janjiNya. Sesungguhnya sehari – hari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu’’. (QS. Al-Hajj : 47)
‘’Dia mengatur kondisi dari langit ke bumi, kemudian (urusan) yang naik kepadaNya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.’’ (QS. As-Sajdah : 5)
Di planet bumi periode rotasi selama satu hari adalah 24 jam, dengan periode revolusinya adalah selama 365 hari. Sedangkan di planet jupiter periode rotasi selama satu hari adalah 9 jam lebih 50 menit, dengan periode revolusinya adalah selama 4344 hari.
(baca : keistimewaan kucing menurut hadist nabi dan sains)
Bila kita bandingkan antara planet tempat tinggal kita (planet bumi) dengan planet yang konon terbesar di galaksi bimasakti (planet yupiter) saja terjadi perbedaan waktu yang cukup signifikan. Bagaimana jika kita bandingkan dengan planet – planet yang lain di luar galaksi kita? Tentu saja terdapat perbedaan relativitas waktu yang lebih besar lagi pastinya.
Sebagaimana firman pada alquran surat Al-Ma’arij ayat 4 yan berbunyi :
‘’Malaikat – malaikat dan Jibril naik menghadap Tuhan dalam satu hari yang kadarnya lima puluh ribu tahun’’. (QS. Al-Ma’arij : 4)
Benarlah apa yang dikatakan oleh alquran, bahwa waktu itu relatif dan bersifat tidak mutlak. Jauh sebelum paa ilmuwan menemukan teori relativitas, alquran telah memberitakannya terlebih dahulu. Maha benar Allah dengan segala firmanNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar